Jumat, 05 Desember 2014

D H T M L

Merupakan singkatan dari Dynamic HTML, merupakan suatu teknik untuk menampilkan halaman secara dinamis (agar web lebih dinamis), dengan menggunakan kombinasi dari HTML, bahasa scripting pada sisi client (seperti JavaScript), dan bahasa pendefinisian style Cascading Style Sheet (CSS). Dengan adanya fasilitas ini, akan memungkinkan untuk dibuat dan dijalankan sebuah program kecil yang berada di sisi client dan dijalankan oleh web browser. DHTML mengijinkan skrip bahasa pemrograman untuk diubah menjadi variabel-variabel pada setiap pendefenisian bahasa pemrograman halaman web, yang menghasilkan efek perubahan tampilan beserta dengan fungsi-fungsinya setelah halaman web ditampilkan. Berbeda dengan HTML, yang memiliki kemampuan menghasilkan dan mengolah halaman web sebelum ditampilkan.
Saingan dari teknologi ini adalah teknik yang dijalankan melalui Macromedia Flash untuk memunculkan animasi dan Scalable Vector Graphics (SVG). Namun SVG belum terlalu didukung oleh beberapa web browser.Dokumen HTML yang statis dikembangkan lebih interaktif, yang selanjutnya dikenal dengan DHTML (Dynamic HTML). DHTML tidak sebatas gerakan-gerakan yang ditampilkan di dokumen web, namun DHMTL lebih menitikberatkan pada interaktivitas. Bagi pengembang situs web, DHTML memberikan peluang untuk menambah fungsi-fungsi yang sangat bermanfaat.
Pengguna di sisi client tidak hanya diberikan informasi, tapi dapat pula berinteraksi melakukan pengubahan terhadap informasi tersebut. Suatu contoh interaksi kecil DHTML ada fasilitas search engine pada dokumen web. Pemakai mengisikan beberapa kata, kemudian server mengirim kata-kata tersebut ke server. Lalu server memberikan respons dengan memberikan link-link ke dokumen HTML yang mengandung kata-kata itu.
Dengan demikian DHTML menambah interaktifitas dokumen web, tanpa harus menjaga koneksi terus menerus ke server web. Ingatlah bahwa masih menggunakan HTTP (sejak lahirnya), protokol yang berjalanan di atas TCP/IP ini hanya sekali-sekali saja mengkoneksikan client ke server. Setelah membawa sebuah tugas dari browser ke server dan sebaliknya, HTTP memutuskan hubungan ke server.

0 komentar:

Posting Komentar