Jumat, 05 Desember 2014

VB SCRIPT

VBScript atau lengkapnya Visual Basic Scripting Edition adalah sebuah bahasa skrip yang diinterpretasikan saat dieksekusi yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation. VBScript merupakan sebuah bahasa skrip turunan dari bahasa pemrograman Visual Basic for Applications (VBA) yang digunakan di dalam Microsoft Office dan beberapa platform pengembangan buatan Microsoft lainnya. VBScript menghilangkan beberapa fungsi dari VBA, seperti halnya fungsi I/O berkas dan akses langsung terhadap sistem operasi untuk menyediakan sebuah platform yang aman untuk mengembangkan aplikasi berbasis web dengan menggunakan platform Active Server Pages (ASP). Internet Explorer merupakan penjelajah web pertama yang menyediakan dukungan terhadap kode skrip yang ditulis dalam bahasa VBScript. VBScript tidak dapat digunakan untuk membuat program yang berdiri sendiri. Akan tetapi, VBScript harus dimasukkan ke dalam sebuah berkas HTML. Ketika Internet Explorer membuka dokumen berkas HTML tersebut, VBScript dapat melakukan fungsi yang sama seperti JavaScript–skrip tersebut akan dieksekusi.
Skrip VBScript yang dimasukkan di dalam berkas HTML harus dimasukkan di antara tag .
Bahasa Script adalah jenis bahasa program yang digunakan untuk menyediakan kendali pada lingkungan komputer. Bahasa script adalah bahasa yang terinterpretasi dan bukan bahasa terkompilasi. Ini artinya bahwa program yang dibagun dengan bahasa script harun berjalan pada lingkungan yang mendukung bahasa script tersebut dan tidak dapat berjalan sebagai aplikasi yang mandiri.
HTML tidak dapat meng-interpret bahasa script sendirian, tetapi HTML tau benar bagaimana memanggil interpreter dari bahasa script untuk melakukan interpretasi. Dengan bahasa script seperti VBScript, keterbatasan HTML dapat dihilangkan. Bahasa script yang banyak dipergunakan pada saat ini adalah JavaScript dan VBScript. Kedua bahasa tersebut dapat diletakkan di dalam halaman web jika browser kita mendukung keduanya.
Dengan HTML kita dapat meletakkan kontrol seperti tombol dan kotak teks pada halaman web. Tanpa bahasa script seperti VBScript, aksi yang dilakukan user terhadap kontrol pada halaman web harus dikirim ke web Server. Aksi tersebut tidak dapat diproses pada komputer pemakai. Lebih jauh lagi tanpa bahasa script, control dan felsibilitas web sangat terbatas. Dengan VBScript kita tidak hanya dapat mengkaitkan ke kontrol pada web page, tetapi kita juga dapat menulis kode yang dapat merespon aksi yang dilakukan oleh pamakai terhadap kontrol tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar