Jumat, 05 Desember 2014

STYLE SHEET

Style Sheet adalah template yang mengontrol pemformatan tag HTML pada halaman web anda. Bila anda telah terbiasa menggunakan Microsoft Word, anda dapat melihat bahwa konsep Style Sheet mirip dengan template pada Microsoft Word: anda dapat megubah penampilan pada dokumen Word dengan mengubah format pada style dokumen. Begitu pula anda dapat mengubah penampilan halaman web dengan mengubah format pada tag HTML tertentu melalui Style Sheet, untuk selanjutnya menggantikan spesifikasi default dari browser untuk tag-tag tersebut.
Style Sheet dapat digunakan dengan 3 cara, sesuai dengan kebutuhan :
• Dengan membuat link ke file Style Sheet dari file HTML. Metode seperti ini memungkinkan untuk mengubah style sejumlah halaman web dengan hanya mengedit satu file Style Sheet.
• Dengan menyisipkan Style Sheet pada file HTML. Metode seperti ini memungkinkan untuk mengubah style suatu halaman web dengan hanya mengedit beberapa baris Style Sheet.
• Dengan menyisipkan secara inline pada tag dalam file HTML. Hal ini memberi cara tercepat untuk mengubah suatu tag, sejumlah tag, atau satu blok informasi pada halaman web.
Sehingga dapat menggunakan satu, dua, atau ketiga cara tersebut pada halaman web.
Dalam hal ini adalah Cascading Style Sheets (CSS) adalah mekanisme sederhana untuk menambah style (contoh: huruf, warna, spasi) pada dokumen Web.
Cascading Style Sheet(CSS) adalah sebuah dokumen yang digunakan untuk menangani pengaturan halaman web. Document ini tidak dapat disebut sebagai bahasa pemrograman, melainkan sebuah desain berbasiskan Scripting yang embeded pada tag HTML. Jadi, CSS merupakan sebuah pengembangan document yang dapat melalukan dukungan terhadap HTML dalam desain web. CSS dapat menciptakan fungsi-fungsi yang dikolaburasikan dengan JavaScript, sehingga semua bentuk animasi ataupun Event yang dilakalukan oleh JavaScript dapat dipadukan dengan desain CSS. Selain itu CSS juga dapat menggantikan fungsi tabel, hal tersebut sangat bermanfaat bagi Kita yang hendak mengembangkan sehuah sistem informasi maupun sistem komputerisasi yang menuntut kecepatan dan keindahan desain yang dapat selalu berubah tanpa harus merombak semua sistem yang telah berjalan.
Jadi, dengan menggunakan satu halaman Document CSS Kita dapat melakukan pengaturan terhadap semua halaman web yang ada. Sehingga apabila Kita ingin melakukan perubahan desain maka Kita tidak perlu untuk membuka semua halaman web yang ada, melainkan hanya perlu merubah satu halaman Document CSS saja.

0 komentar:

Posting Komentar